Sunday, March 20, 2011

Agungnya ampunan allah

suatu ketika umar bin khatab menemuai rasulullah denga raut muka yang sedih , rasul lalu bertanya
"sahabatku kenapa wajahmu kelihatan begitu sedih?"
"ya rasul sesungguhnya di depan pintu rumah ku ada seorang pemuda yang menangis begitu memilukan , tangisannya sepertinya meratapi kepedihan yang begitu mendalam sehingga hatiku trenyuh dan terbawa kesedihan"
"coba hadapkan dia padaku " perintah rasul

lalu umar pun mencari pemuda itu lalu membawanya menemui rasul
"anak muda apakah kau merasa putus asa sehingga kau begitu sedih? , padahal masa depanmu masih panjang" tanya rasul
"tangisan saya adalah tangisan penyesalan dan menanggung dosa yang amat berat,saya sangat takut akan murkanya allah" ratap pemuda itu

rasul terdiam sejenak lalu bertanya

"apakah kau telah berbuat syirik kepada allah?"
"tidak" jawap pemuda itu
"apa kau telah membunuh seseorang?" tanya rasul kemudian

pemuda itu hanya mengelengkan kepala

"kalau demikian , allah akan mengampuni dosamu meskipun sebesar langit dan bumi" kata rasul

pemuda itu terdiam lalu berkata
"dosa saya lebih besar dari itu!"
"apakah dosamu lebih besar dari kursi allah yang suci?
"dosa saya lebih besar"
"apakh dosamu juga lebih besar dari arsnya allah yang agung?" tanya rasul
"saya yakin dosa saya lebih besar dari itu !"
"kalau di bandingkan dengal allah dan kasih sayangnya , apa dosamu lebih besar" tanya rasul lagi
"demi allah tidak ada yang lebih besar dari allah dan kasih sayangnya" jawab pemuda itu mantap

kalau begitu coba ceritakanlah kepadaku

"ya rasul sesungguhnya pekerjaan saya amatlah laknat , sejak umur tujuh tahun pekerjaanku membongkar makam orang yang baru meninggal lalu mencuri kain kafannya.suatu hari ada gadis yang baru meninggal saat setelah selesai pemakaman , saya membongkar kuburannya lalu melepas kain kafannya ,saya melihat gadis itu sangat cantik hingga membuat nafsu timbul ,saya menyetubuhi mayat gadis itu.
disaata saya melakukan perbuatan terkutuk itu saya seolah mendengar suara gadis itu meratap yang membuat hatiku tergetar

apakah engkau tida malu dan takut akan pengadilan allah di hari ketika orang2 yang teraniaya menuntut atas orang yang menganiayanya?
sunnguh tak berperasaan kau membiarkan aku telanjang diantara orang mati dan kau buat aku menanggung junub di hadapan allah padahal sebelumnya aku telah di mandikan dan si sholatkan

itulah suara yang terdengar olehku
sejak itu saya selalu merasa dikejar2 dosa hingga saya hanya bisa meratapi penyesalanku" lanjut pemuda itu

mendengar penuturan pemuda itu rasul lalu bangkit dan memalingkan muka seraya menghardik pemuda itu dengan marah

"hai pemuda fasik ! pergi kau dari hadapanku , sungguh tak ada balasan yang setimpal untukmu selain neraka!"

mendengar ucapan rasul pemuda itu seperti tersambar petir , dunia seolah2 gelap dan tak ada lagi harapan. pemuda itu lalu keluar sambil terus menerus meratap , berjalan mondar mandir di tengah padang pasir , tujuh hari tujuh malam ia tidak makan , minum dan tidur kadang 2 dia terus bersujud siang dam malam

"Ya allah hamba adalah seorang yang berdosa besar , hamba telah datang ke rumah utusanMu dengan harapan agar beliau sudi memberi syafaat kepada hamba di hadapanMu, namun begitu mendengar betapa kejinya dosa hamba beliau berpaling dan mengusirku. kini hamba datang kepadaMu ya allah mengetuk pintu maafMu agar Kau mengampuni dosa hamba dan memerima tobat hamba.sesungguhnya engkau adalah maha pengasih dan penyayang. andaikata engkau tak sudi mengampuni dosa hamba , maka turunkan api Mu ke dunia sebelum membakar hamba di akhirat kelak.!

demikian lah ratapan pemuda tersebut hinnga allah yang maha mendengar melihat tobat pemuda itu yang begitu sungguh. allah lalu mengutus malaikat jibril untuk menemui rasul

malaikat jibril lalu mengucapkan salam dan di jawab oleh rasul
"huwas saalaam,waminhus saalaam , wailaihi yarjius saalaam" (Dialah salam,dan dariNya salam , dan kepadaNya kembali salam)

"sesunggunnya allah bertanya kepadamu muhammad, apakah engkau yang menciptakan hamba-hamba Allah?"

"Allah lah yang menciptakanku dan hambanya" jawab rasul

"apakah engkau yang memberi rizki atas mereka?"

"sebaliknya, allah yang memberi rizki kepadu dan kepada mereka"

"lalu apakh engkau yang menerima tobat man mengampuni kesalahan?"

"sungguh hanya Allah yang mempunyai kuasa atas itu!" jawaba rasul

"Allah berfirman kepadamu muhammad , lanjut malaikat jibril
telah kukirimkan seorang hambaku kepadamu , di paparkan dosa dosanya dengan menyesal ,mengapa engkau malah memalingkan muka darinya? bagaimana nanti seandinya datang hamba-hamKu yang lain dengan memikul dosa2 yang menggunung? . engkau Ku utus agar menjadi 'rakhmatan lil alamin' (rahmat bagi seluruh alam) . janganlan kau putuskan harapn hambaku yang tergelincir kakinya karena dosa."

mendapat teguran langsung dari allah , rasul menyadari kesalahannya. lalu rasul menyuruh sahabatnya mencari pemuda itu.

setelah mencari kesana kemari akhirnya pemuda itu di temukan dalam keadaan bersujud dengan kondisi yang amat menyedihkan . para sahabat mengabarkan bahwa dosanya telah di ampuni oleh Allah lalu mnegajak pemuda itu menemui rasul

saat itu rasul tengah sholat magrib dan pemuda itu berbaris menjadi makmum. saat rasul membaca surat attakautsar pada ayat hatta zurtumul maqaabir terdengar jeritan pemuda itu

selesai sholat rasul dan para sahabatnya mengerumuni pemuda itu dan mendapati pemuda itu telah meninggal.

No comments:

Post a Comment